Latest Posts

PRAKATA KEPALA SEKOLAH SMA SANTA MARIA CIREBON

004 (2)Website SMA Santa Maria yang sekarang, merupakan pengembangan dari website yang ada. Pengembangan website ini, sebagai upaya sekolah untuk komunikasi, selain memakai alat komunikasi konvensional, sekaligus sebagai tuntutan stake holders pendidikan.
Pada era Global ,kemampuan ICT menjadi salah satu alat ukur sekolah berkualitas.

Menghadapi persaingan dewasa ini, SMA Santa maria 1 Cirebon melakukan perubahan-perubahan yang positif menuju sekolah yang lebih berkualitas. Sebagai wujud perubahan, pada tahun pelajaran 2014/2015 SMA Santa Maria mulai melengkapi sarana pembelajarn dikelas, sehingga para guru diharapkan mampu berinovasi pada pembelajaran dengan sarana yang telah ditambah.
Website ini akan memberi gambaran sekilas tentang program-program dalam upaya ,meningkatkan kualitas pendidikan, kegiatan-kegiatan sekolah, informasi terkini di SMA Santa Maria 1, dan reportase kegiatan selama kurun waktu tertentu.

Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami sangat menerima saran dan kritik membangun guna menuju kesempurnaan website ini.

Menghidupi Semangat Studi dengan Meraih Juara I OSN Matematika Tingkat Jawa Barat dan Juara II OSN Matematika Tingkat Nasional

DSC_0902DSC_0904

Luois Cahyadi nama yang tidak asing lagi dalam bidang Matematika. Nama yang selalu diperhitungkan untuk mewakili Kota Cirebon dan Sekolah Santa Maria Cirebon.  Beberapa kali prestasinya begitu gemilang dengan meraih kemenangan pada beberapa kejuaraan dan olimpiade Matematika. Pada bulan Mei 2015 ini Louis berhasil membawa pulang medali perak dalam OSN tingkat nasional.

Sebelumnya, pada bulan yang sama Selain itu, Louis juga menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat atas prestasi Juara I OSN Matematika tingkat Provinsi Jawa Barat 2015 di kota Bandung pada tanggal 4 Mei 2015.

Pada OSN tingkat Nasional kali ini Luois berangkat dari Bandung bersama kontingen Jawa Barat dari berbagai  kota pada tanggal 18 Mei 2015. Pembukaan OSN kali ini dilakukan di Jogja Expo Center oleh Paduka Sri Sultan Hamengkubuwono ke X. Lomba diakhiri pada tanggal 25 Mei 2015 dan ditutup oleh Menteri  Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan Indonesia, Bapak Anis Baswedan.

Pelajar kelas X.IPA ini mengungkapkan merasa sangat senang karena mendapatkan pengalaman baru berkumpul bersama dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang minat dalam bidang yang sama dari perwakilan seluruh provinsi di Indonesia. Luois menuturkan bahwa dengan event seperti ini dapat saling berbagi pegalaman dengan teman-teman yang lain.

Berangkat dari ketekunan yang dibangun sejak kelas IV SD, Louis merajut prestasi dengan bimbingan Papa tercinta. Putra pasangan Bapak Tjie Tay Ho dan Ibu Elly Heriawati ini merupakan putera ke dua dari dua bersaudara. Peran Sang Ayah dan Ibu selalu memberikan motivasi untuk belajar dengan rajin dan lebih giat dari yang jam yang ditentukan yaitu lima sampai enam jam perhari.

Pelajar  yang menempuh pendidikan di Sekolah Santa Maria sejak TK, SD, SMP, dan SMA ini telah membawa nama Sekolah dalam beberapa kompetisi.  Selain itu, dengan dasar belajar di sekolah Santa Maria yang merupakan Sekolah Dominikan, maka Louis dengan sadar, selalu menghidupi semangat doa, studi, bela rasa dan persaudaraan yang menjadi value of life (nilai hidup) baginya. Hal ini di realisasikan dalam ketekunan dia untuk giat belajar. Doa juga menjadi bagian penting dalam kehidupannya. Segala sesuatu yang dilakukannya selalu didasari dengan semangat doa. Louis juga bersyukur atas talenta yang diterimanya karena dapat berbela rasa untuk membantu belajar  teman-teman yang kurang mengerti tentang matematika.

 

JUARA AKUNTANSI SE JAWA BARAT

BE HUMBLE AND BRIGHT IN COMPETITION

Be Humble and Bright in Competition istilah itu yang dapat  diungkapkan untuk menilai tim Juara II Lomba Akuntansi se-Jawa Barat di Universitas Swadaya Gunung  Jati Cirebon ini pada tanggal 6-7 Mei 2015. Tim ini juga pernah meraih Juara Harapan I Lomba Akuntansi  tingkat Nasional di Yogyakarta. Tim yang beranggotakan Naomi Maria Lasamahu, Nathania Neysa, dan Silvia Andrea ini cukup solid dalam memperjuangkan kemenangan bagi sekolah SMA Santa Maria Cirebon dibawah kepala sekolah Bapak Nugroho Triatmaja.

Ignatius Sudjatno selaku pembina tim mengungkapkan bahwa sekolah Santa Maria merupakan sekolah yang patut di perhitungkan dalam hal berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan meraih kemenangan pada Kompetisi Akuntansi karena adanya usaha dari para siswa tersebut dan bimbingan guru secara intensif.

Silvia mengatakan bahwa prestasi yang diraihnya bersama tim bukan merupakan prestasi yang begitu saja diperoleh. Memerlukan semangat, usaha, dan kerja keras didalamnya. Tetapi lebih dari semua itu doa merupakan Fondasi Utama dalam setiap kegiatan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Neysa, selama berproses di sekolah Santa Maria semua siswa diajak untuk menghayati dan melaksanakan 6 Semangat Santo Dominikus diantaranya doa dan studi sebagai nilai hidup. Neysa memaparkan bahwa sekolah Santa Maria bukan hanya memperoleh materi namun juga mendapatkan pendidikan yang membentuk pribadi menjadi manusia yang Utuh, Cerdas dan Cinta Kebenaran.

Naomi juga mengungkapkan bahwa selain menciptakan output berkualitas SMA Santa Maria juga memberikan nilai yang sangat berharga, yaitu pribadi yang Utuh, Cerdas dan Cinta Kebenaran. Pribadi yang Utuh berarti Total dan tidak Setengah-setengah dalam menjalankan tugas. Cerdas berarti mampu mengelola kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional.

Tim yang terdiri dari tiga orang ini mampu meraih juara dengan dasar rasa persaudaraan dan kegembiraan dalam tim. Integritas dari semangat pendiri Sekolah dan niat pribadi merupakan modal penting dalam meraih setiap prestasi. Pastinya segala sesuatu akan baik jika dilaksanakan dengan doa dan kemauan keras. Ketiganya juga mengun gkapan semangat rendah hati, harus tetap dipertahankan sehingga tidak menjadi sombong ketika meraih prestasi. Harapan mereka bertiga adalah sekolah Santa Maria dapat terus berprestasi dikanca Nasional maupun  Internasional

DSC_0590DSC_0587

Untuk tim Mildya, Violen Grace, sebagai tim pemula mendapatkan peringkat juara harapan satu. prestasi yang patut dibanggakan. Untuk kesempatan berikutnya tim ini yakin dapat meraih Juara

SMA Santa Maria Peringati HARDIKNAS

Senin pagi, 4 Mei 2015 SMA Santa Maria menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada hari Sabtu, 2 Mei 2015 kemarin. Upacara baru diselenggarakan pada hari senin karena di Sekolah Santa Maria memakai sistem 5 Hari belajar.  Selaku Pembina upacara Bapak Thomas Supriadi dalam amanatnya menyampaikan tuga hal penting sebagai berikut:

1. Persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas. Siswa diingatkan akan tugas mempersiapkan ulangan kenaikan kelas jika tidak ingin menyesal dikemudian hari

2. Tertip administrasi, Agar semua kegiatan disekolah dapat berjalan dengan baik dibutuhkan fasilitas yang lengkap. Untuk itu diharapkan agar administrasi selesai tepat waktu.

3. Tertip aturan sekolah. Disiplin waktu ( tidak terlambat, menyelesaikan tugas tepat waktu), rapi ( rapi dalam berpakaian, catatan lengkap dan seterusnya.

DSC_0306DSC_0310DSC_0318DSC_0325DSC_0308

Guru dan Karyawan Peringati HARDIKNAS

Kita harus bersyukur karena panggilan dan peran kita sebagai insan pendidik. Hal ini yang disampaikan oleh Sr. Albertine OP sebagai pembina upacara pada  upacara perayaan hardiknas Sabtu, 2 Mei 2015 di halaman SMA Santa Maria. Peserta dan pestugas upacara adalah seluruh guru dan karyawan Santa Maria Cirebon karena pada tanggal 2 mei jatuh pada hari Sabtu yang artinya siwa  tidak masuk sekolah .

Bagai mana kita sebagai guru harus menghidupi falsafah dari Kihajar Dewantoro yaitu  ing ngarso sung tulodo ( didepan menjadi contoh) ing madyo mangun karso( ditengah memberikan motivasi dan dukungan) tutwuri handayani (di belakang memberikan dorongan) dengan baik dan benar.

DSC_0242DSC_0252DSC_0253DSC_0249

DSC_0265

 

Don’t Give Up

Don’t Give Up

Bahasa Inggris itu tidaklah sulit jika kita menggunakannya setiap hari. Jangan mudah menyerah ketika belajar Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal tetapi dengan rajin menonton film, membaca komik, novel, dan mendengarkan lagu-lagu saja itu cukup jika kita mampu mencermati kosa kata dan menguasainya. Itulah hal yang diungkapkan Gabrille Franceliana Pramono.

Siswa kelas XI. IPA ini baru saja memenangkan lomba pidato bahasa Inggris di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Tidak hanya itu, gadis kelahiran 21 Juni 1998 ini juga pernah memenangkan lomba story telling, pidato bahasa Inggris, Speaker Debate English pada tahun 2014.

Putri pasangan Kurniadi Pramono dan Lilis Mariati Suwanta ini mulai belajar Bahasa Inggris sejak usia tiga tahun dengan bimbingan orang tua.

Proses persiapan lomba yang terbaru ini dilakukan dengan latihan menulis naskah, menonton video pidato, berlatih gesture dan intonasi. Pembimbing lomba ini adalah Bapak Agustinus Mujiyono selaku guru Bahasa Inggris SMA Santa Maria Cirebon.

Proses lomba juga tidak terlalu mudah untuk dilalui. Hal ini dilakukan melalui beberapa tahap hingga mendapatkan hasil terbaik dari 50 peserta lomba.

Gabriella merasa sangat bahagia dan berayukur ketika dinyatakan sebagai pemenang lomba. Kata kunci yang dipegang adalah Don’t Give Up.

DOA JALAN SALIP KREATIF

Dalam menyambut paskah tgl 3 April 2015, SMA Santa Maria Cirebon mengadakan rekoleksi sehari pada tanggal 1 April 2015. Bapak Dion dan Sr Paulista membawakan rekoleksi dengan sangat menarik. Rekoleksi diawali dengan pertemuan di aula dari pukul 07.00 sampai pukul 08.00. Pada pukul 08.00 sampai pukul 10.00 dilanjutkan membuat salip dari bahan daur ulang dikelas masing masing. Adapun makna membuat  salip dari bahan daur ulang adalah: bahan daur ulang di ibaratkan dosa-dosa kita, akibat dosa kita, Yesus disalip.

Pada Pukul 10.00 acara dilanjutkan dengan doa Jalan Salip. Doa diawali dari halaman depan untuk perhentian pertama sampai ke tiga, dilanjutkan dilapangan basket dan halaman belakang dan ditutup di Gua Maria. Dalam doa Jalan salip, setiap perhentian diperagakan oleh kelompok yang sudah dibagi sebelumnya. Yang paling mengesankan adalah bapak dan ibu guru juga mendapat giliran untuk perhentian ke sembilan dan sepuluh.

Dengan berakhirnya doa Jalan Salip, rekoleksi pun selesai.

DSC_0011DSC_0043DSC_0068

 

To be Dominican Character with Compassion Project

To be Dominican Character with Compassion Project

of SMA Santa Maria Cirebon and SMA Dominikus Wonosari Yogyakarta

 

Pilar sekolah berkarakter Dominikan selalu mencoba untuk menghidupi enam pilar semangat yang menjadi value of school yang meliputi doa, studi, demokrasi, persaudaraan, bela rasa, kegembiraan. Hal ini merupakan bagian pokok yang diterapkan dalam proses pembelajaran dalam sekolah di bawah naungan Yayasan Santo Dominikus. Pada tanggal 21 Maret 2015, SMA Santa Maria Cirebon menerima kunjungan studi dari SMA Dominikus Wonosari Yogyakarta. Secara resmi para siswa yang berjumlah tujuh orang dierima oleh Kepala Sekolah SMA Santa Maria yaitu Bapak Nugroho Tri Atmojo pada hari Senin, 23 Maret 2015 dalam apel bersama.

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan rutin dilaksanakan oleh dua sekolah, seperti telah diberitakan sebelumnya, bahwa SMA Santa Maria Cirebon telah terlebih dahulu mengirimkan siswanya untuk studi di SMA Dominikus Wonosari Yogyakarta yang juga bernaung di bawah Yayasan Santo Dominikus Cabang Yogyakarta.

Selama satu minggu, para siswa diajak untuk mempelajari sejarah dan budaya serta mengikuti proses belajar yang dilaksanakan di SMA Santa Maria Cirebon. Pada kesempatan ini semua siswa menerapkan enam semangat yang dihidupi kedua sekolah yaitu doa, studi, bela rasa, demokrasi pesaudaraan dan kegembiraan. Selain mengikuti KBM seperti biasa, mereka juga diajak untuk berbela rasa di panti asuhan, panti wredha, dan mengikuti kegiatan religius

Para siswa kembali diserahkan dari Kepala SMA Santa Maria Cirebon yaitu Bapak Nugroho Tri Atmojo kepada Sr. Winefride, OP selaku kepala SMA Dominikus Wonosari Yogyakarta pada hari Jumat, 27 Maret 2015.

DSCF1566DSCF1599

DSCF1580DSCF1632

Retret sma santa maria untuk menjadi pribadi utuh, cerdas dan cinta Kebenaran

Bahagia dalam Retreat dan Rekreasi Bersama Kelas XI

 

Retret memang menjadi agenda tahunan di SMA Santa Maria Cirebon bagi siswa-siswi kelas XI. Seperti halnya untuk tahun ajaran 2014-2015 ini. Study Tour, Retret, dan Outbond ini dilaksanakan pada tanggal 03 – 06 Maret 2015 lalu dilaksanakan di Rumah Retret Syalom Bandungan-Ambarawa.

 

Hari pertama siswa-siswi kelas melakukan kunjungan industri di Sosro Ambarawa, dalam kesempatan ini siswa banyak belajar tentang sejarah teh, berdirinya perusahan Sosro, pembuatan, pengemasan dan pemasaran produk sosro. Siswa dapat melihat secara langsung bagaimana Sosro sangat menjaga kualitas dan kehiegisan botol-botol yang digunakan.

 

Sebelum kembali ke Cirebon masih ada agenda lain, yaitu Study Tour ke Yogyakarta. Adapun tempat-tempat yang dikunjungi antara lain: Candi Borobudur, Candi Prambanan, Museum Dirgantara dan tempat yang wajib dikunjungi untuk berbelanja pernak-pernik dan oleh-oleh khas Yogyakarta yaitu Malioboro.

DSCN5391DSCN5388

GURU DAN KARYAWAN SMA SANTA MARIA CIREBON

NO MAPEL KODE NAMA GURU TUGAS TAMBAHAN
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
15
Kristofarus Dion Angga Permana., S.Pd
2 Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
4
Andriana Ratna W. SPd. WK. KUR. 1
3 Bahasa Indonesia
3
Natalia Tika Indrawati, S.Pd
4
38
Angela Reny Suryoresmi., S.Pd
5 Matematika
21
Dra. Ridawati Witono
6 Matematika IPS
16
Dra. Paulina P, M.Pd
7 Matematika IPA
13
Drs. Harris Adi Wibowo., M.Pd
8 Bahasa Inggris
7
Drs. YB. Karyanto
9 Bahasa Inggris
26
Drs. Agustinus Mujiono KS. ST.2
10 Seni Budaya
37
Rum Setiadi., SS
11
8
Taruna, S.Pd.
12 Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan
10
Drs. A. Digdo Dirgantoro WK. SARPRAS
13
11
Untung Subagyo, S.Pd
14 Prakarya dan Kewira Usahaan
19
Nining Purwaningsih SPd.
15 Biologi
17
Oktavianus Yopi Wardana. S.Pd.
16 Fisika
9
Drs. T. A. Nugroho Triatmaja KS. ST 1
17
35
Antonius Wahyudi, S.Pd WK. KUR.
18 Kimia
29
Drs. Ongko Sumedi WK. SISWA
19 Geografi
23
Drs. Thomas Supriyadi WK. HUMAS
20 Sejarah Indonesia
12
Prasetyo SPd. WK. KUR 2
Sejarah
21 Sosiologi
32
Dra. Maria Budi Pamungkas
22 Ekonomi
36
Drs. Ign. Sujatno
23
19
Nining Purwaningsih SPd.
24 Akuntansi
42
Yustina Dwi Wahyuni, S.Pd WK. HUMAS
25 Komputer
25
Dino Arman
26 Bahasa Mandarin
37
Susan
27 Bimbingan Konseling
22
Silvi Anggraini
28 Pendidikan kedominikanan
40
Sr. M. Paulista, OP.

JUARA DEBAT SMA SANTA MARIA

DSC_0533

THE WINNER OF DEBATE COMPETITION

Tim debat SMA Santa Maria telah menang sebagai juara I SMANDA Debate Competition pada Minggu, 1 Maret 2015. Dengan keberhasilan ini SMA Santa Maria di bawah kepemimpinan Bapak Drs. T.A. Nugraha Triatmaja telah membuktikan diri sesuai identitas sekolah untuk mendidik siswa menjadi ‘utuh, cerdas, cinta Kebenaran’ dengan fokus kecerdasan  lingustik.

 

Persiapan kompetisi ini dilakukan di bawah bimbingan Ibu Andriana Ratna, S.Pd selaku guru bidang studi PKn. Persiapan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap mulai dari pelatihan materi sampai pelatihan teknik.

Venti Velanica sebagai salah satu peserta dalam team mengungkapkan bahwa dalam debate semua peserta harus dapat mengelola mentalitas, emosional dan etika. Selain itu, dalam debat ini juga mempunyai nilai dimana untuk mempertahankan suatu pendapat yang benar diperlukan kemampuan untuk menghargai pendapat orang lain, belajar mendengarkan, dan   mengelola emosi agar tidak menyakiti pihak lain.

Selain itu, Venti juga mengungkapkan bahwa dalam lomba debat ini sebenarnya juga belajar demokrasi secara baik dan benar dengan dasar semangat persaudaraan sesuai dengan dua dari enam semangat pendiri sekolah (school values) yang menjadi dasar keseharian tradisi sekolah Santa Maria di bawah Yayasan Santo Dominikus.

Keziem salah satu peserta dari tim ini mengungkapkan perasaan bersyukur dan bahagia karena dapat membawa nama sekolah. Tetapi ini bukanlah akhir dari perjalanan prestasi melainkan awal untuk memulai sebuah kompetisi pada kompetisi berikutnya.

Stephanie yang juga salah satu peserta juga mengungkapkan bahwa kunci kemenangan ini adalah rasa percaya diri dengan tetap rendah hati.

Dari lomba ini semua peserta diajak untuk belajar memahami konteks permasalahan secara kritis dan benar, didukung dengan analisis tajam dari berbagai sudut pandang, kondisi ini bukan sesuatu yang baru bagi anak Santa  karena proses pembelajaran di kelas sudah terbiasa dikondisi demikian sebagaimana kita ketahui  motto pendidikan Santa adalah VERITAS, dengan komitment pendidikan unggulan untuk semua.

Tim yang terdiri dari tiga orang ini yaitu Venti Velanica kelas XII.IPA, Stephani Putri Kelas XI.IPA, dan Keziem Novanus Kelas X.IPS, telah berhasil memenangkan kompetisi ini dengan semangat doa, studi, persaudaraan dan demokrasi. Hal ini juga yang mereka akan kembangkan dalam keseharian hidup mereka  sebagai value of life.